Pabrik Teror, Ancaman Serius Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia

Rentetan peristiwa teror terhadap rumah ibadah serta tokoh agama beberapa waktu terakhir, menjadi catatan penting pegiat hukum dan HAM d...


Rentetan peristiwa teror terhadap rumah ibadah serta tokoh agama beberapa waktu terakhir, menjadi catatan penting pegiat hukum dan HAM di Jawa Timur. Pemerintah harus menangani isu ini secara serius, agar tidak berkembang menjadi upaya merongrong stabilitas keamanan dan kedamaian bangsa Indonesia.


Nahimunkarnews.com — Pabrik   Teror, Ancaman Serius Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia. Diungkapkan oleh Abdillah Baabud, dari Ahlul Bait Indonesia (ABI) Jawa Timur, maraknya ujaran kebencian dan persekusi terhadap kelompok minoritas yang dibiarkan oleh pemerintah, menjadikan angin segar bagi kelompok intoleran dan radikal untuk mengusik ideologi serta dasar negara Indonesia.
Pemerintah serta seluruh elemen bangsa harus bersama-sama melawan upaya merusak kerukunan hidup di Indonesia, dan menindak tegas siapa saja yang melanggar hukum termasuk dalam hal kebebasan beragama dan berkeyakinan.
“Para penceramah yang melakukan hate speech ini, dalam rangka memprovokasi massa untuk katakanlah memberangus satu kelompok tertentu, minoritas tertentu, itu dibiarkan walau pun mereka sudah melapor, sudah menunjukkan bukti-bukti, dicuekin, dibiarkan, karena menurut mereka bahwa korbannya hanya kelompok kecil, dan mereka anggap ini hal biasa. Tapi ketika ini dibiarkan akhirnya mereka menjadi besar, dan saya katakan kualat. Nah, sekarang ini mereka menggunakan hal yang sama, hate speech, jualan 'tanda kutip' isu-isu agama, dan yang disasar sekarang ini adalah negara dan ideologi negara,” jelas Abdillah Baabud.
Peristiwa penyerangan rumah ibadah serta tokoh agama yang terjadi di Indonesia mulai Desember 2017 hingga Februari 2018, harus menjadi perhatian dan penanganan serius pemerintah agar tidak menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.
Data Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, selama tiga bulan terakhir telah terjadi 21 peristiwa penyerangan, di mana 15 peristiwa dilakukan oleh orang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan.
Menurut Haidar Adam dari Pusat Studi Hukum dan HAM, Fakultas Hukum, Universitas Airlangga Surabaya, rentetan peristiwa teror yang terjadi memunculkan dugaan telah direncanakan karena adanya target sasaran yang jelas.
“Fabrikasi teror ini sebetulnya berasal dari fenomena yang terjadi, rentetan-rentetan yang terjadi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, di mana kemudian di situ membentuk pola-pola tertentu. Pola-pola tertentu itu misalkan, kalau serangan itu dikatakan random, ternyata serangan itu terjadi dalam waktu yang berdekatan," kata Haidar Adam.
"Sasarannya ini jelas dan menyasar kelompok atau pemuka agama dan sebagainya. Yang artinya sebetulnya, kalau dilihat, penyerangnya itu adalah orang gila, tentu dia tidak akan memilih target. Dan kemudian akan menyasar siapa pun orang yang ada di dekatnya. Tapi ini kelihatannya dia sudah memiliki target-target tertentu. Dan ini, kalau di dalam pola semacam itu saya kira bukan pola yang random, tetapi ini sudah, mungkin bacaan saya adalah by design,” imbuhnya.
Haidar Adam mengatakan, banyak atau sedikitnya teror yang terjadi di suatu daerah tidak boleh dianggap sepele karena hal itu merupakan teror yang mengganggu kehidupan masyarakat, khususnya kebebasan beragama dan berkeyakinan. Jawa Timur juga harus mewaspadai peristiwa itu, meskipun kecil kemungkinan terkait dengan isu Pilkada 2018.
“Misalkan, dibandingkan dengan Jawa Barat tentu saja lebih kecil, tetapi bukan berarti yang kecil itu bisa disepelekan, karena betapa pun di sini pernah terjadi beberapa kali kejadian yang kemudian menunjukkan bahwa tingkat toleransi, kemudian tingkat kerawanan dalam aspek kebebasan beragama berkeyakinan, itu juga dalam taraf yang memprihatinkan,” jelasnya.
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menyebutkan, indeks demokrasi di Jawa Timur tercatat 72,24 pada tahun 2016, atau turun dari tahun 2015 pada angka 76,90 atau kategori sedang. Kasus kebebasan beragama dan berkeyakinan, seperti kasus Syiah Sampang dan munculnya peraturan di tingkat daerah mengenai Ahmadiyah, menjadi indikator bahwa kebebasan beragama dan berkeyakinan di Jawa Timur belum berjalan dengan baik.[Voai/NMn]

Name

Afrika Agama dan Aliran Ahlusunnah Amerika Analisis Artis Berita Budha China Denny Siregar Dina Y Sulaiman Dunia Eropa FATWA MUI Fitna_Wahabi FPI Hikmah Hindu History HTI Humor Politik Indonesia Info Menarik Inggris Inspiratif Irak Iran Ismail Amin Jonru Kekejaman ISIS Kesehatan Khilafah Kristen Libanon Malaysia Maroko Mesir Muhammadiyah Muhsin Labib MUI Nigeria NU Palestina Pejabat Publik Penghayat Kepercayaan Perancis Politik Radikalisasi Kampus Radikalisme Refleksi Renungan Rusia Saudi Sulaiman Djaya Sumanto Al Qurtuby Suriah Syi'ah Terorisme Testimoni Tokoh Turki Ust Abu Janda Al-Boliwudi Video Wahabi Yaman Zain oul Mottaqin Ahmed
false
ltr
item
Nahimunkar News: Pabrik Teror, Ancaman Serius Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia
Pabrik Teror, Ancaman Serius Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-pz7PbavQLTw/WpKAJL3ZgdI/AAAAAAAAAK0/bqAeZ7oiEcY497j0dJMl2zjda_NnLJ1HwCLcBGAs/s320/IMG_20180225_161916.png
https://1.bp.blogspot.com/-pz7PbavQLTw/WpKAJL3ZgdI/AAAAAAAAAK0/bqAeZ7oiEcY497j0dJMl2zjda_NnLJ1HwCLcBGAs/s72-c/IMG_20180225_161916.png
Nahimunkar News
http://www.nahimunkarnews.com/2018/02/rentetan-peristiwa-teror-terhadap-rumah.html
http://www.nahimunkarnews.com/
http://www.nahimunkarnews.com/
http://www.nahimunkarnews.com/2018/02/rentetan-peristiwa-teror-terhadap-rumah.html
true
8345906964687807860
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy