[VIDEO] Fatwa Mamah Dedeh: Umat Islam Jangan Jadi Dokter Hewan


NAHIMUNKARNEWS.COM -- Mamah Dedeh menjadi sorotan publik, setelah video yang menayangkan salah satu episode program TV-nya, viral di media sosial. Publik mengkritik pernyataan yang dilontarkannya saat memberikan jawaban kepada salah satu jamaahnya.

Di video tersebut, tepatnya di menit ke-34, seorang hadirin bertanya mengenai najis yang berhubungan dengan profesi. Profesi yang dimaksud adalah dokter hewan. Jamaah itu menanyakan:

“Seorang dokter hewan setiap saat melaksanakan operasi, misalnya mengoperasi anjing, ini ‘kan najis mugholadhoh, apakah harus setiap saat pakai tanah, atau bisa pakai sabun?”

Mamah Dedeh menjawab:

“Harus pakai tanah tidak ada tawar menawar…”

Jawaban itu diakhiri dengan pernyataannya:

“…kalau saran saya, kita sebagai seorang muslim, jangan jadi dokter hewan.”


Tak khayal, ceramahnya kali itu pun mengundang banyak kontroversi, bahkan ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), drh. Heru Setijanto sampai ikut berkomentar dan mengirim pesan khusus ke mamah Dedeh melalui masengger,
Berikut adalah pesan lengkapnya:



Sedih dan prihatin atas pernyataan mamah Dedeh yang kurang bijak. Saya muslim dan saya sangat bangga menjadi dokter hewan. Sebagai dokter hewan muslim saya tahu dan paham apa itu najis dan haram. Dan sebagai dokter hewan kamipun diajari bagaimana melindungi diri dari hal-hal yang demikian. Coba bayangkan jika di suatu daerah ada wabah penyakit zoonosis yang bisa menular dari hewan ke manusia, seperti rabies (dari anjing) atau Japanese Enchepalitis (dari babi) . dan disitu tak ada dokter hewan, maka malapetaka yang akan terjadi. Motto kami, dokter hewan Indonesia adalah “Manusya mriga satwa sewaka yang artinya mensejahterakan manusia melalui dunia hewan. Dokter hewan adalah profesi yang mulia dimana kalau hewan sehat maka manusiapun akan sehat. Siapakah yang akan mengawasi keamanan (safety and security) dan kesehatan hewan kurban .. ya dokter hewan. Siapakah yang mengawasi dan memonitor produk pangan asal hewan ya dokter hewan. Siapakah yang melakukan pengujian klinis pada hewan coba terhadap obat-obatan, kosmetik atau barang2 tertentu sebelum digunakan oleh manusia ya dokter hewan. Siapakah yang melakukan audit halal pada hewan sembelihan maupun pada produk pangan asal hewan ya dokter hewan. Jadi apakah seorang muslim tidak boleh jadi dokter hewan ???

Lihat videonya :



Beberapa komentar netizen pun ikut merespon pernyataan mamah Dedeh dengan komentarnya masing-masing.

@Abdullah Fnu
Mamah dedeh tiap ceramahnya slalu bertentangan dgn realita/sosial... saya mah slalu larang istri nonton acara ini, cz tidak mendidik... dulu pernah nonton, itu dia nyaranin para istri songong sama suami cm lantaran nyuruh sholat... katanya kalo subuh harus guyur suami yg masih tidur... khan kampret ini orang... ibadah itu masing2.. toh pahala dan dosa di tanggung masing2... trus apakah ga ada saran yg baik untuk mengajarkan perempuan2 muslimah untuk menyuruh suaminya sholat subuh selain di guyur... baiknya di stop aja acara ini... orang ini udah ustad bayaran... ajarannya banyak yg menyimpang... saran2nya slalu extreme... bukannya mencerdaskan bangsa... bukannya menambah moral.. tp malah menyarankan amoral...

@Yosita Maria Chandrawaty
Astagfirullah, mamah dedeh jangan kebablasan gitu dong, lama lama eneg juga kok nonton ceramah nih orang sombong arogan, lihat saja kalau ada pertanyaan dr jamaah blm kelar bertanya si madeh udah nyamber duluan... sombong amat ya ustadzah kok gak ada ramah dan halus halusnya.

@Jimmy Simbar
Suruh TKI2 yg tinggal dichina, korea, hongkong dan jepang suruh pulang.karena mereka tiap hari berhubungan dgn yg haram2.suruh kenegeri onta....uztazah parah.kantongnya yg diperhatikan bukan ilmu agamanya....coba perhatikan.yg sering2 kelihatan dilayar kaca rata2 ilmu agama mereka hanya berdasarkan duit! Kira2 mereka masuk surga ngak ya???? (Bbs/NMn)

3 comments:
Write komentar
  1. Saran yg tidak profesional... Profesi dan haram adalah 2 hal yg berbeda... Kesengajaan ataupun suatu keharusan harus dibedakan... Tidak semua org yg menjalankan perintah agama akan masuk surga..karena semua yg dilakukan hanya dinilai di mata manusia belaka..namun dimata tuhan siapa yg tau? Baik anda adalah imam no 1 didunia..pastur no 1 didunia..pendeta dan lain sbgainy blm tentu ada surga didpan anda...karena manusia hanya mempelajari alam dan hukumny..ingat MEMPELAJARI..dan tidak ada yg mampu MENCAPAINYA..yg tau adalah saat kita menyelesaikan hidup dan menutup mata kita..menuju yg MAHA ESA

    ReplyDelete
  2. Memang kebanyakan jawaban mama dede,dalam berceramah banyak yang tidak senonoh,tidak bermutu, contohnya: seorang penanya: curhat donk ma?. curhat donk! ma, mau nanya, bolehkah orang shalat mengenakan kacamata?(belum lepas pertanyaan) langsung disambar tidak boleh!! hidung tidak menyentuh sajadah karena dihalangi oleh kacamata batal. seramkalini mama dede, ganti yang lain aja mama dede sudah membosankan.

    ReplyDelete
  3. HAHAHAHAHA...
    KETAWA AJA GUE, MUMPUNG LUCU SIH...:p :p

    ReplyDelete