Balas Sanksi AS, Putin Usir 755 Diplomat Amerika Dari Rusia



NAHIMUNKARNEWS.COM -- Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa Rusia telah mengusir 755 diplomat AS dan tenaga teknis dalam rangka pembalasan terhadap sanksi baru yang diberlakukan AS terhadap Moskow.

Pada hari Jumat (28/7/17), Kementerian Luar Negeri Rusia telah memberi isyarat bahwa AS perlu menurunkan stafnya menjadi 455, untuk mencocokkan jumlah staf diplomatik dan teknis Rusia di AS. Sekarang, Putin telah mengumumkan jumlah pasti staf yang dia tunjuk Kedutaan Besar AS di Moskow untuk menguranginya.

Pihak Rusia juga mengatakan  bahwa pihaknya telah mengambil alih dua gedung diplomatik AS, sama seperti AS menutup dua dua gedung diplomatik Rusia di bawah Pemerintahan Obama saat itu.

Dalam sebuah wawancara pada hari Minggu(30/7/2017) di TV Rusia, Putin mengatakan bahwa dia menentang tindakan sanksi tambahan yang diberlakukan AS, setidaknya "sampai hari ini," tulis Reuters dalam Laporannya.

Sanksi baru AS terhadap Rusia telah disetujui oleh Kongres AS awal pekan ini, dan mendapat dukungan mayoritas anggota kongres melalui veto.

Trump awalnya menentang sanksi tersebut, namun anggota Senat Gedung Putih mengatakan bahwa dia harus bersiap untuk menandatangani undang-undang tersebut. "Undang-undang tersebut menghalangi Moskow dengan pembatasan keuangan baru dengan  pelaku bisnis Amerika.(NPR/NMn)

No comments:
Write komentar