Rusia Informasikan Kematian Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi



NAHIMUNKARNEWS.COM -- Kementerian pertahanan Rusia mengatakan mereka yakin telah membunuh pemimpin Isis Abu Bakr Al-Baghdadi dalam serangan udara selatan Raqqa, Suriah. Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih mencari konfirmasi setelah pemogokan tersebut pada akhir Mei.

Serangan udara tersebut menargetkan pertemuan pemimpin Isis pada 28 Mei, kantor berita Rusia mengutip pernyataan kementerian pertahanan Rusia.

“Menurut informasi yang sekarang diperiksa melalui berbagai saluran, pemimpin negara Islam Abu Bakr al-Baghdadi, telah dikabarkan terbunuh oleh serangan udara tersebut,” kantor berita RIA mengutip pernyataan kementerian.

Sergei Lavrov, menteri luar negeri Rusia, mengatakan bahwa Rusia belum mengkonfirmasi kematian Baghdadi, dan memperingatkan agar tidak melebih-lebihkan kemungkinan kematiannya tersebut. Dia mengatakan bahwa “penghancuran kelompok teroris selalu disambut dengan sangat antusias, namun, sejarah menunjukkan bahwa kapasitas pertempuran dari struktur ini [kelompok teror] ternyata bisa pulih sendiri” setelah itu.

Juru bicara Kremlin Dmitry Petrov menolak untuk mengomentari laporan tersebut, hanya mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menerima laporan dari kementerian secara reguler.

Dan koalisi pimpinan AS mengatakan bahwa mereka tidak dapat memastikan bahwa Baghdadi telah terbunuh.

Pernyataan dari kementerian pertahanan Rusia mengklaim serangan udara 28 Mei tersebut menewaskan sekitar 30 pemimpin Isis tingkat menengah dan 300 lainnya pejuang, dalam sebuah pertemuan “dewan militer” Isis di pinggiran selatan Raqqa. Modal de facto grup jihadi dikelilingi ke utara, timur dan barat dengan memajukan pemberontak Suriah dan pasukan Kurdi yang didukung oleh koalisi pimpinan AS.

Rusia mengatakan beberapa pesawat Su-24 dan Su-25 terlibat dalam serangan udara tersebut, bertindak atas intelijen yang ditangkap oleh rekaman drone. Dikatakan bahwa mereka telah menginformasikan kepada AS sebelum melakukan pemogokan tersebut.(idp/NMn)

No comments:
Write komentar