Aktor Richard Gere Kutuk Pembangunan Pemukiman Zionis Israel di Palestina



NAHIMUNKARNEWS.COM -- Pemukiman Israel yang mencaplok tanah warga Palestina di Tepi Barat membuat aktor Hollywood Richard Gere turut bersuara. Aktor Hollywood itu menentang pembangunan pemukiman ilegal yang terus dilakukan oleh entitas Zionis Israel di tepi Barat Palestina.

 Kisruh pemukiman Israel di Tepi Barat ternyata juga membuat aktor kawakan Hollywood Richard Gere ikut bersuara. Gere yang diundang datang ke Israel itu pun menentang aksi negara Zionis  tersebut.

"Pembangunan ini jelas menghancurkan semua orang. Tak ada pembelaan untuk itu," kata Gere kepada surat kabar Israel Haaretz, seperti dikutip dari Hollywood Reporter.

Gere mengucapkan hal tersebut saat berkunjung ke Israel dalam premier film lokal Norman: The Moderate Rise and Tragic Fall of a New York Fixer.

Pemain film Pretty Woman bersama Julia Robert itu menilai pembangunan Israel merupakan provokasi yang tidak masuk akal dan secara internasional merupakan tindakan ilegal.

Gere menyebut kunjungan dia kali ini lebih sulit dari terdahulu. Gere mengaku sempat bingung sebelum memutuskan untuk datang ke Israel.

Ia berkata, "Orang-orang terdekat saya meminta saya untuk tidak datang. Saya punya rekan yang tinggal di sini (Israel), mereka mengatakan orang jahat akan memanfaatkamu," ucap Gere.

Ia melanjutkan, "Orang jahat yang dimaksud adalah para stakeholder. Ini sangat rumit apakah saya akan datang atau tidak," ujar Gere.

Sebanyak 600 ribu jiwa menempati 140 unit bangunan sejak tahun 1967 Penjajahan Israel di Tepi Barat dan Yerussalem Timur.

Pada Februari lalu, Israel dengan terang terangan melegalkan sekitar empat ribu pemukiman yang dibangun di tanah pendudukan milik warga Palestina.(RC/NMn)

No comments:
Write komentar