Miris: Mahasiswa Kedokteran Unair Gabung ISIS


Seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nageri Airlangga (Unair) Surabaya, Zefrizal Nanda Mardani (23), dikabarkan bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Anggota Densus 88 sempat mendatangi kampus Unair untuk menanyakan keberadaannya.

Kabar bergabungnya mahasiswa asal Trenggalek yang sudah tidak aktif lagi di kampus setahun terakhir itu berasal dari dinding status media sosial Facebook dengan pemilik akun bernama Triagus Triyadi. Tulisan tersebut diunggah pada 23 Juli lalu.

"Turut berduka, sedih sekaligus bahan instrospeksi kita semua, aset generasi muda yang dulu menyabet medali emas olimpiade astronomi di Ukraina pada 2007 lalu, Zefrizal Nanda Mardani diinfokan tergabung dalam ISIS," tulisnya.

Direktur Akademik Unair, Ni Nyoman Tri Puspaningsih, tidak mengetahui apakah mahasiswa angkatan 2012 itu bergabung ISIS.

"Yang pasti, tahun lalu ada tim Densus 88 ke Fakultas Kedokteran menanyakan Zefrizal," katanya, dikonfirmasi, Selasa (26/7/2016).

Menurut dia, mahasiswa semester tiga itu hingga hari ini masih tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair. Zefrizal juga tercatat memiliki tunggakan pembayaran SPP selama dua semester.

Pihak kampus sudah menghubungi yang bersangkutan maupun orangtuanya melalui telepon dan SMS, namun tidak ada tanggapan.

"Jika sampai 29 Juli nanti, dia tidak mendaftar ulang, kami anggap mengundurkan diri dari kuliah," terangnya.

Zefrizal ini masuk ke Fakultas Kedokteran Unair melalui jalur prestasi pada 2012. Dia tercatat sebagai mahasiswa berprestasi.

Saat bersekolah di bangku SMP di Trenggalek, dia pernah menjuarai Olimpiade Astronomi di Ukraina pada 2007. Prestasi akademiknya juga membanggakan.

Pria kelahiran Trenggalek, 30 Desember 1993, itu mencatat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mencapai 3,58 di dua tahun pertama. Tahun ketiga turun menjadi 2,96. Semester genap 2014/2015 turun lagi menjadi 2.2. Setelah itu dia tidak aktif berkuliah.(DBS)

No comments:
Write komentar