Walikota London: Saudi Menjadi Ancaman Bagi Inggris


NAHIMUNKARNEWS.COM -- Arab Saudi menjadi momok yang lebih mengancam bagi Inggris. Hal itu disampaikan Ken Livingstone, mantan Wali Kota London, pada sebuah konferensi di Moskow yang ditayangkan stasiun televisi setempat.

Alasan Livingstone menilai Saudi menjadi ancaman bagi Inggris karena Riyadh dia anggap sebagai donatur utama kelompok-kelompok fundamentalis Islam. seperti dikutip Independent, Jumat (11/12/2015).

“Kami sekarang menghadapi ancaman dari fundamentalisme Islam. Yang sebagian besar telah didanai oleh Arab Saudi, sekutu utama kami, yang telah mendanai kelompok Islam intoleran[wahabi] yang tidak ada hubungannya dengan ajaran Nabi Muhammad,” lanjut Livingstone.
Baca: Belgia Mengusir Wahabi Dari Masjid yang dikelolanya
Menurutnya, selain Saudi, dia juga menilai Qatar ikut mendanai kelompok fundamentalis. ”Hal yang tidak benar dilakukan, hampir semua fundamentalisIslam telah didanai oleh Saudi dan Qatar, seperti kembali 70 tahun silam, menyebarkan kebencian terutama dari kelompok Islam intoleran, dan Inggris dan Amerika harus mengatakan kepada mereka ‘Anda harus menghentikan pendanaan ini atau Anda tidak bisa menjadi sekutu kami’,” kata Livingstone.

Tudingan Saudi mendanai kelompok fundamentalis sudah lama muncul. Namun, Pemerintah Riyadh tidak pernah bersedia mengkonfirmasi tuduhan itu. Bahkan, ada laporan perihal serangan 9/11 yang tidak diungkap Pemerintah AS, karena ada dugaan Saudi ikut mendanai kelompok yang melakukan serangan itu. [independent]

No comments:
Write komentar