Jelang Arbain Para Tokoh Kristen Vatikan Berjalan Ke Karbala

Media-media Irak mengabarkan, sebuah rombongan dari Vatikan, pusat Kristen Katolik di kota Nasiriyah, Irak menunjukkan solidaritasnya kepada umat Islam negara itu dengan berjalan kaki bersama menuju kota suci Karbala untuk memperingati 40 hari kesyahidan Imam Husein as.


Stasiun televisi Al Manar seperti dikutip IRNA (16/12) melaporkan, sebagian tokoh Kristen Irak menyertai rombongan dari Vatikan yang dipimpin oleh Monsignor Liberio Andreatta, petinggi senior Vatikan dalam acara itu.
Rombongan Vatikan ini menyertai perjalanan para peziarah Imam Husein as dari kota Nasiriyah kurang lebih satu kilometer menuju Karbala.


Ketua rombongan Vatikan terkait hal ini menilai bersamaannya waktu kunjungan rombongan itu ke kota bersejarah Ur dengan perjalanan Muslimin Irak menuju Karbala dan peringatan Hari Arbain sebagai hal yang sangat berharga.  
Liberio mengatakan, "Ketika melakukan kunjungan, kami ikut berjalan kaki bersama para peziarah Imam Husein as menuju kota Karbala."
Sejak beberapa hari lalu para peziarah Imam Husein as dari berbagai kota berbeda di Irak memulai perjalanan mereka menuju kota suci Karbala untuk mengikuti acara Arbain.
Rombongan Vatikan, kemarin, Ahad (15/12) menggelar acara ritual mereka di kota bersejarah Ur, Irak, lokasi munculnya peradaban Sumariya dan tempat kelahiran Nabi Ibrahim as menurut keterangan Injil. Acara yang dihadiri oleh Liberio sebagai perwakilan dari Vatikan itu untuk pertama kalinya digelar kembali setelah beberapa tahun terhenti. (IRIB Indonesia)

No comments:
Write komentar