Doa Kumayl Membahana di Langit Madinah, Video


Doa Kumail Membahana dan menggema di samping makam Rasulullah Saw dan di dekat kompleks pemakaman Baqi, di kota Madinah, Arab Saudi

Fars News melaporkan, para hujjaj( jamaah Haji) Iran menggelar acara pembacaan doa Kumail di bainal haromain di antara makam suci Rasulullah Saw dan dan makam para imam suci as di Baqi, Madinah.

Pembacaan doa muslim Syiah Kumail di tempat penuh berkah tersebut sudah menjadi rutinitas tahunan para hujjaj Iran pada bulan haji.

Doa Kumail adalah doa yang diajarkan Imam Ali as kepada sahabatnya Kumail ibn ziyad menggema di tempat penuh berkah masjid Nabawi Madinah itu dan ratapan para hujjaj dalam doa tersebut diiringi dengan tetesan air mata.

Lihat Video Doa Kumayl di Masjid Nabawi Saudi Arabia


Sekilas tentang doa Kumayl yang sering diamalkan muslim Syiah;

Doa Kumail adalah doa yang diajarkan oleh Imam Ali AS kepada sahabatnya yang bernama Kumayl bin Ziyad Nakha'i, Kumayl adalah sahabat pilihan Imam Ali AS. Ketika Imam Ali AS memerintah, (35-40H), Kumail dilantik menjadi wali kota Hait. Ia akhirnya menemui kesyahidannya pada tahun 83 hijrah dalam usia 90 tahun, Kumayl dibunuh atas perintah Hajjaj bin Yusuf al-Tsaqafi. Kumayl dimakamkan di suatu tempat bernama Tsaubah, yang terletak di antara Najaf al-Asyraf dan Kufah, di Iraq.

Sumber: IRIB Indonesia
Editor: Van Harry

No comments:
Write komentar